Minggu, 05 Februari 2012

Belajar Bermain Recorder

di kurikulum pelajaran seni musik di sekolah2 Indonesia, recorder termasuk salah satu alat yg wajib dipelajari selain pianika dan gitar. ketiga alat musik ini dianggap sebagai alat musik yang paling mudah dipelajari. di kebanyakan SMP alat musik ini dipakai untuk mengambil nilai praktek seni musik.

recorder termasuk alat musik tiup yang nadanya dihasilkan dengan membuka tutup lubang2nya. ada 8 lubang yang bisa dibuka tutup, 7 lubang di atas dan 1 lubang di bawah. posisi jari adalah sebagai berikut:
-lubang di bawah untuk jari jempol kiri
-lubang pertama dekat mulut (yg bulet) dengan jari telunjuk kiri
-lubang kedua dengan jari tengah kiri
-lubang ketiga dengan jari manis kiri
-lubang keempat dengan jari telunjuk kanan
-lubang kelima dengan jari tengah kanan
-lubang keenam dengan jari manis kanan
-dan lubang ketujuh dengan jari kelingking kanan

cara meniup perlu dilatih dengan baik, supaya suara yg dihasilkan lebih baik. kalau meniup terlalu keras, suara yg dihasilkan akan pecah.

recorder yang umum dipakai anak2 sekolah adalah recorder soprano. selain soprano ada juga recorder sopranino, alto, tenor dan bas. masing2 recorder ini memiliki ambitus (rentang nada) yang berbeda-beda. recorder soprano berbasis nada C, jadi nada terendah adalah c'. sedangkan sopranino dan alto berbasis nada F. hanya saja antara sopranino dan alto tone-nya berbeda 1 oktaf.

masing2 recorder memiliki rentang nada rata 2 oktaf lebih sedikit. tapi di kurikulum sekolah hanya diajarkan sampai 1,5 oktaf. di sinipun saya hanya mencoba menjelaskan sampai 1,5 oktaf saja . biar gak susah.

recorder soprano yg diurai di sini memiliki nada terendah C' jadi recorder ini tidak bisa memainkan melodi lagu yg memiliki nada lebih rendah dari C'. seperti alat musik lain, recorder juga bisa memainkan nada2 semitone/kromatis. untuk langkah awal kita lihat dulu bagaimana posisi jari dan nada2 yg dihasilkan

 penjelasan:
-lingkaran paling atas (yg jarinya jempol kiri) adalah lubang yg di bawah
-lingkaran hitam adalah menutup penuh dengan jari
-lingkaran putih adalah membuka penuh
-lingkaran abu2 adalah menutup setengah saja.

cobalah dulu dengan memainkan nada c'-d'-e'-f'-g'-a'-b'-c"-d"-e"-f"-g"
latihlah juga cara meniupnya supaya terdenger baik sebelum mulai memainkan lagu.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar